Minggu, 25 Maret 2012

Persaingan Smartfren dan Aha


kali ini saya akan posting tentang SMART VS AHA Full Amunisi : tarif & jaringan ,karena banyak yang request soal ini karena takut termakan iklan, Selain itu saya hanya ingin share saja bukan bermaksud menjatuhkan salah satu provider ini 
 
Sebelumnya saya bertempat tinggal di daerah Jogja bagian selatan dengan jangkauan jaringan EVDO yang "diklaim" oleh masing-masing provider internet antara AHA dan SMART sebagai berikut di maps jangkauan masing-masing.

Berikut beberapa hasil test yang saya lakukan di tempat saya dari produk aha 600 kbps (paket free 30 hari) dan produk smart 512 kbps(paket silver) dengan menggunakan modem HIER CE210.

1. Deteksi Sinyal EVDO
Berikut tampilan dari sinyal EVDO di dialer yang di deteksi oleh dialer masing2 provider(pojok kanan bawah) di daerah saya:

AHA


SMART





2. Ping yahoo.com
Kemudian saya coba melakukan ping ke yahoo.com dari cmd dengan hasil TTL yang boleh dikatakan hanya berbeda tipis.

AHA


SMART

Tak lupa juga di test youtube dengan download file melalui browser firefox

AHA


SMART


Tak puas dengan perbandingan hasil download di browser firefox, di coba lagi memakai IDM Portable 5.12 dengan hasil sbb:

AHA


SMART


Sebagai catatan transfer rate download di atas tidak begitu stabil alias sering naik turun kurang lebih 20 kbps, saya coba berikan priview rata-rata antara kedua provider diatas.

Pada test terakhir saya coba masuk buka browser google chrome dan uji kecepatan melalui speedtest.net dengan berbagai server yang ada. Berikut hasil dari test saya:

INI TARIF NYA : 
1. SMARTFREN CONNEX
a. Paket Regular- Kecepatan Download (sampai dengan) 153.6 Kbps- Kecepatan Upload (sampai dengan) 128 Kbps- Harga per Paket* Bulanan = Rp 45.000
b. Paket Premium- Kecepatan Download (sampai dengan) 384 Kbps- Kecepatan Upload (sampai dengan) 128 Kbps- Harga per Paket*Harian = Rp 5.000*Mingguan = Rp 30.000*Bulanan = Rp 90.000Khusus bagi pelanggan SMART Mobile Broadband yg telah aktif sebelum 1 Mei 2011


a. Paket New Silver- Kecepatan Download (sampai dengan) 768 Kbps- Kecepatan Upload (sampai dengan) 384 Kbps- Harga per Paket*Harian = Rp 6.000*Mingguan = Rp 30.000* Bulanan = Rp 99.000
b. Paket New Ultimate- Kecepatan Download (sampai dengan) 3.1 Mbps- Kecepatan Upload (sampai dengan) 1.8 Mbps- Harga per Paket*Harian = Rp 15.000*Mingguan = Rp 75.000*Bulanan = Rp 225.000

2. AHA
1. Paket Ekonomis- Kecepatan Download (sampai dengan) 200 Kbps- Harga per Paket* Harian = Rp 4.000* Bulanan = Rp 80.000


2. Paket DInamis- Kecepatan Download (sampai dengan) 600 Kbps- Harga per Paket* Harian = Rp 6.000* Bulanan = Rp 110.0003. Paket Fantastis- Kecepatan Download (sampai dengan) 3.1 Mbps- Harga per Paket* Harian = Rp 10.000* Bulanan = Rp 200.000

Dengan hasil tersebut, Silahkan para pembaca mengambil kesimpulan sendiri sendiri. dan perlu di catat hal tersebut terjadi di tempat saya tinggal, hal ini mungkin berbeda dengan hasil uji coba di daerah teman-teman yang lain. Dan seperti saya sampaikan sebelumnya, test ini hanya saya gunakan untuk catatan pribadi atau mungkin review bagi teman-teman yang ingin menggunakan internet dari beberapa layanan yang ada. tidak ada unsur promosi, iklan dan sebagainya.

1 komentar: