Rabu, 02 Oktober 2013

Tantang iPad Mini, Microsoft Siapkan Surface Mini?

http://images.detik.com/content/2013/10/01/317/154748447.jpg
Jakarta - Apple membuat kejutan dengan merilis iPad mini tahun lalu. iPad dengan ukuran lebih kecil ini mengambil porsi lebih dari 60% penjualan tablet Apple saat ini, menurut firma riset Gartner.

Hal yang sama terjadi pada Nexus 7. Tablet dari Google yang dibesut Asus ini terjual jutaan unit tak lama setelah diluncurkan. Generasi terbaru Nexus 7 juga dinantikan banyak user yang ingin mencicipinya.

Microsoft, hingga saat ini agaknya masih belum tertarik mendekati segmen ini. Sang raksasa software masih fokus pada tabletnya Surface RT dan Surface Pro. Keduanya boleh dibilang gagal memikat pasar. Bahkan penerusnya pun tidak sukses mencuri perhatian setelah diumumkan secara global.

Sejak beberapa bulan lalu, Microsoft santer disebut-sebut tengah menggarap Surface yang ukurannya lebih kecil. Surface Mini, demikian namanya, akan mencoba mencuri pangsa pasar di segmen tablet mini.

Analis dari NPD dan IHS iSuppli memperkirakan, tablet Microsoft ini nantinya akan memiliki layar 7,5 inch. Ukuran ini berada di tengah-tengah antara Nexus 7 yang berukuran 7 inch dan iPad mini yang sedikit lebih besar yakni 7,9 inch.

Seperti dikutip dari AFP, Selasa (1/10/2013), spekulasi bermunculan menyebutkan Surface mini akan berbasis Windows 8.1. OS ini kabarnya punya nama kode Spring 2014 GDR. Seperti Surface versi besar, akan hadir juga versi Windows RT.

Tablet mini yang diperkirakan akan muncul tahun depan ini, disebut-sebut menggunakan chip ARM dan dibekali konektivitas 3G dan 4G yang tidak dimiliki Surface versi sekarang. Spekulasi lain menyebutkan, Microsoft bisa jadi memasarkan Surface mini sebagai tablet gaming dan dinamai XBox Surface.

0 komentar:

Posting Komentar